Minggu, 29 April 2018

BAB III PUASA

Pengertian Puasa
Kata puasa dalam bahasa Arab disebut Shaum atau Shiyam, artinya secara bahasa adalah “menahan”.
Definisi puasa dalam syariat adalah beribadah kepada Allah Ta’ala dengan cara menahan diri dari segala hal yang membatalkannya yang dimulai sejak terbit fajar Shubuh hingga tenggelamnya matahari.
Adapun arti kata Ramadhan secara bahasa diambil dari kata ar-Ramd [arab: الرمض] yang artinya panasnya batu karena terkena terik matahari. Makna bulan Ramadhan adalah (يرمض الذنوب ) artinya membakar dosa-dosa, yaitu dengan melakukan amalan-amalan shalih.
Macam Puasa
Puasa sendiri terbagi menjadi dua macam, yaitu puasa wajib dan puasa sunnah. Adapun puasa wajib ada tiga yaitu: puasa Ramadhan, puasa kaffarah (puasa tebusan), dan puasa nadzar.
Puasa Ramadhan hukumnya dan Dalilnya
Hukum puasa Ramadhan adalah fardhu ‘ain, yaitu wajib bagi setiap individu muslim untuk melaksanakannya. Dalil wajibnya puasa Ramadhan adalah firman Allah ta’ala:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ (183)
“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan kepada kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa (QS. Al-Baqarah: 183).”
Puasa dan Islam
Puasa Ramadhan disyariatkan kepada umat Islam pada tahun kedua hijriyyah. Selama hidupnya Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam berpuasa sebanyak sembilan kali Ramadhan.
Puasa merupakan salah satu rukun dari rukun-rukun Islam. Maka barangsiapa yang menentang dan mengingkari kewajibannya maka sungguh dia telah keluar dari agama Islam (kafir) dan wajib atasnya untuk dimintai taubat.
Syarat Sah Puasa Ramadhan
Siapakah yang Wajib berpuasa Ramadhan? Orang yang wajib menjalankan puasa Ramadhan memiliki syarat-syarat tertentu yaitu seorang muslim yang berakal, baligh, sehat, mukim, dan bila ia seorang wanita maka harus bersih dari haidh dan nifas.
Sementara itu tidak ada kewajiban puasa terhadap orang kafir, orang gila, anak kecil, orang sakit, musafir, wanita haidh dan nifas, orang tua yang lemah serta wanita hamil dan wanita menyusui.
Rukun Puasa Ramadhan
Rukun puasa adalah amalan yang harus dilakukan dalam berpuasa yang apabila tidak dilakukan, maka puasanya tidak sah. Rukun-rukun puasa tersebut adalah:
  1. Berniat sebelum fajar;
  2. Menahan diri dari pembatal puasa dari mulai terbit fajar sampai dengan tenggelam matahari
Niat Puasa Ramadhan
Wajib hukumnya untuk menetapkan niat di malam harinya (sebelum waktu subuh) untuk pelaksanaan puasa wajib. Berbeda dengan puasa sunnah yang diperbolehkan berniat di siang harinya, asalkan sejak terbit fajar hingga dia berniat dia memang belum makan atau minum apa pun.
Penetapan niat di malam hari itu hukumnya wajib dan termasuk syarat sahnya pelaksanaan puasa wajib. Niat sendiri adalah amalan kalbu (hati) sehingga yang benar tidak diperintahkan untuk melafazkan niat dengan lisan pada ibadah apa pun.
Berniat ini boleh dilaksanakan kapan saja baik di awal malam, pertengahannya maupun akhir malam sebelum waktu Shubuh.
Puasa Ramadhan dan Hikmahnya
Adapun manfaat dan hikmah puasa Ramadhan adalah sangat besar pengaruhnya dalam mensucikan jiwa dan mendidik akhlak serta memberikan kesehatan pada badan.
  1. Puasa akan menjadikan hati manusia untuk bertakwa kepada Allah Ta’ala;
  2. Puasa Melatih dan membiasakan jiwa untuk sabar;
  3. Puasa Menahan dirinya untuk meninggalkan sesuatu yang biasa dilakukan seperti makan dan minum. Jiwanya akan diingatkan dengan keadaan orang-orang yang lapar dari kalangan orang orang miskin;
  4. Puasa dapat meninggalkan syahwat yang dia inginkan. Dengan puasa akan dapat menghentikan dan mengalahkan hawa nafsunya yang selalu menyeru kepada kejelekan;
  5. Puasa membuat hati manusia menjadi luluh dan mudah untuk mengingat Allah, sehingga Allah akan memudahkan pula baginya untuk menempuh jalan-jalan ketaatan;
  6. Puasa berpengaruh pada kesehatan tubuh manusia karena dengan berpuasa seseorang akan terlindungi tubuhnya dari berbagai macam zat yang terkandung dalam makanan yang bisa menyebabkan berbagai penyakit.(AH)

PUASA NADZAR

 Secara bahasa nadzar berarti mengharuskan. Sedangkan menurut istilah nadzar berarti perbuatan seorang mukalaf (orang yang telah terbebani syari’at) yang mengharuskan dirinya dengan satu bentuk ibadah, yang mana sesuatu itu pada asalnya tidak wajib atas orang tersebut.
Hadist riwayat Abdullah bin Umar ra.ia berkata:  
Suatu hari Rasulullah saw. melarang kami bernazar, beliau bersabda: Sesungguhnya nazar itu tidak dapat menangkal sesuatu apa pun tetapi hanya untuk mengeluarkan sesuatu dari orang yang kikir.
Hukum nadzar terbagi menjadi 2 yaitu:
1.       Nadzar syar’i ialah nadzar yang diperuntukkan kepada Allah
2.       Nadzar syirik ialah nadzar yang diperuntukkan kepada selain Allah
Adapun syarat-syarat nadzar ialah:
1.       Taklif
2.       Sesuatu yang dijadikan nadzar merupakan ketaatan kepada Allah
3.       Berupa sesuatu yang dimiliki oleh orang yang bernadzar
4.       Nadzarnya tidak melebihi batas kemampuannya
5.       Telah didapatnya sesuatu, jika nadzarnya berupa nadzar mualaq   
6.       Tidak boleh berkeyakinan bahwa nadzar dapat mempengaruhi apa-apa yang menjadi nadzarnya.
7.       Tidak boleh dilakukan di suatu tempat yang di sana ada sesuatu yang disembah selain Allah.
Jika seseorang bernazar untuk berpuasa selama satu bulan, tanpa menyebutkan bahwa dia akan melakukannya secara berturut-turut, maka tidak menjadi masalah jika melakukan nazar itu dengan cara dicicil, karena memang dalam nadzarnya dia tidak menyebutkan ”berpuasa satu bulan secara berturut-turut”. Namun jika dalam nadzarnya ia mengucapkannya akan berpuasa selama satu bulan berturut-turut, ternyata ia tidak mampu memenuhi nadzar tersebut, maka baginya harus membayar kaffarat atau denda atas nazar yang ia telah langgar, yaitu memilih salah satu dari tiga bentuk kaffarat berikut:
1.       membebaskan budak/hamba sahaya, namun untuk saat ini tidak ada budak, sehingga untuk menerapkan kaffarat tersebut bisa dibilang sulit atau tidak bisa.
2.       memberi makan sepuluh fakir miskin, atau memberi pakaian mereka, seseuai dengan kadar makanan atau pakaian yang biasa ia berikan kepada keluarganya.
3.       berpuasa selama tiga hari dan tidak harus berturut-turut.
Itulah kaffarat bagi orang yang melanggar nadzarnya, ia boleh memilih salah satu dari tiga bentuk kaffarat tersebut.
MACAM-MACAM PUASA NADZAR
Puasa nadzar terdiri dari 3 macam,yaitu:
1.       Puasa Nadzar Nafsi
Artinya melakukan puasa yang berkaitan dengan pribadi masing-masing orang. Puasa ini tidak untuk berjamaah, dan nadzar nafsi dilaksanakan apabila menginginkan sesuatu atau ber-nadzar.
2.       Puasa Nadzar Ahli
Artinya melakukan suatu puasa nadzar yang bekaitan dengan orang lain maksudnya bukan untuk dirinya sendiri. Misalnya: ada seseorang yang kita nadzarkan, dan dengan nadzar kita orang itu dari perbuatan yang tidak baik menjadi baik.
3.       Puasa Nadzar Juriat
Artinya melakukan sesuatu nazar kepada tempat ibadah. Yang dimaksud tempat ibadah di sini ialah tempat-tempat yang suci seperti:
a. Bernadzar ke Baitullah
b. Bernadzar ke Masjid Nabawi
c. Bernadzar ke Baitul Maqdis atau Masjidil Aqsha 


engertian Puasa Sunnah adalah puasa yang dalam pelaksanaannya tidak diwajibkan, akan tetapi sangat dianjurkan dan waktu pelaksanaannya juga pada waktu-waktu yang tertentu. Namun ada juga puasa sunnah yang dapat dilakukan pada waktu kapan saja.
Prinsip Puasa Sunnah, yaitu tidak boleh berpuasa secara berturut-turut tanpa berbuka sama sekali. Selain itu, pahala puasa juga hanya Allah SWT yang mengetahuinya. Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Allah berfirman, ‘setiap amal anak Adam itu untuknya sendiri selain puasa, sesungguhnya puasa itu untuk-Ku’. (dalam satu riwayat, ‘Tiap-tiap amalan memiliki kafarat. Puasa itu adalah untuk-Ku, dan Aku yang membalasnya’)(HR. Bukhari dan Muslim).
| Macam Macam Puasa Sunnah |
Terdapat beberapa Macam Macam Puasa Sunnah, yaitu :
1. Puasa Enam Hari Pada Bulan Syawal
Salah satu dari macam macam puasa sunnah yaitu puasa enam hari pada bulan syawal. Puasa ini dikenal juga dengan sebutan puasa syawal, yang dilakukan secara berurutan maupun secara acak selama masih di dalam bulan syawal. Keutamaan puasa syawal yang dikerjakan ini yaitu : “Keutamaan puasa ramadhan yang diiringi puasa syawal adalah seperti orang yang berpuasa selama setahun(HR. Muslim).
2. Puasa Sepuluh Hari Pertama Bulan Dzulhijjah
Salah satu dari macam macam puasa sunnah ialah puasa sepuluh hari pada bulan Djulhijjah.Puasa ini dikenal dengan nama Puasa Dzulhijjah, yaitu puasa pada sembilan hari yang pertama bulan djulhijjah, tidak termasuk pada hari yang ke 10. Kenapa pada hari ke 10 dilarang berpuasa, karena hari ke 10 bulan Djulhijjah merupakan hari Raya Kurban dan diharamkan untuk berpuasa.
3. Puasa Hari Arafah
Salah satu dari macam macam puasa sunnah adalah puasa hari arafah. Puasa ini dikenal dengan sebutan Puasa Arafah, yaitu puasa yang dilakukan pada hari ke 9 bulan Dzulhijjah. Keutamaan Puasa Arafah yaitu : “keutamaan Puasa Arafah akan dihapuskan dosa-dosa pada tahun lalu dan dosa-dosa pada tahun yang akan datang(HR. Muslim). Yang dimaksud dengan dosa-dosa di sini yaitu khusus untuk dosa-dosa kecil, karena dosa besar hanya bisa dihapus dengan jalan bertobat.
4. Puasa Muharram
Salah satu dari macam macam puasa sunnah yaitu puasa muharram. Puasa Muharram adalah puasa yang dilaksanakan pada bulan muharram terutama pada hari Asyura. Keutamaan Puasa Muharram : “Keutamaan Puasa pada bulan Muharram adalah puasa yang paling utama setelah bulan Ramadhan(HR. Bukhari).
5. Puasa Asyura
Salah satu dari macam macam puasa sunnah ialah puasa Asyura. Puasa Asyura adalah puasa yang dilakukan pada hari ke 10 dari bulan Muharram. Rasulullah SAW memerintahkan ummatnya untuk berpuasa pada hari Asyura ini dan mengiringinya dengan puasa 1 hari sebelum atau sesudahnya. Hal ini bertujuan untuk menyelisihi umat Yahudi dan Nasrani yang hanya berpuasa pada hari ke 10. Keutamaan Puasa Asyura : “Keutamaan puasa asyura ialah akan dihapus dosa-dosa (kecil) pada tahun sebelumnya(HR. Muslim).
6. Puasa Sya’ban
Salah satu dari macam macam puasa sunnah adalah puasa sya’ban. Puasa Sya’ban ialah puasa yang dilakukan pada bulan Sya’ban. Keutamaan Puasa Sya’ban : “Keutamaan Bulan Sya’ban adalah bulan ketika semua amal diangkat kepada Rabb semesta Alam(HR. An-Nasa’i dan Abu Daud).
7. Puasa Pada Bulan Haram (bulan yang dihormati)
Salah satu dari macam macam puasa sunnah yaitu puasa pada bulan haram (bulan yang dihormati). Puasa ini dilakukan pada bulan Djulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Puasa ini dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah pada bulan-bulan tersebut termasuk ibadah puasa.
8. Puasa Senin Kamis
Salah satu dari macam macam puasa sunnah ialah puasa senin kamis. Puasa Senin Kamis adalah puasa sunnah yang dilakukan pada hari senin dan hari kamis. Tidak ada kewajiban yang mengiri puasa senin kamis ini, keduanya merupakan hari amal-amal hamba diangkat dan diperlihatkan kepada Allah SWT. Oleh sebab itu, afdhalnya puasa senin kamis ini yaitu berpuasa pada hari senin dan diikuti dengan puasa pada hari kamis.
9. Puasa Tiga Hari Setiap Bulan
Salah satu dari macam macam puasa sunnah adalah puasa tiga hari setiap bulan. Puasa ini disunnahkan untuk melakukannya pada hari-hari putih (Ayyaamul Bidh) yaitu pada tanggal 13, 14 dan 15 setiap bulan hijriah. Tidaklah benar anggapan sebagian orang yang mengganggap bahwa puasa pada hari putih merupakan puasa dengan hanya memakan nasi putih, telur putih dan air putih.
10. Puasa Daud
Salah satu dari macam macam puasa sunnah yaitu puasa daud. Puasa Daud atau puasa nabi daud ini adalah puasa yang dilakukan sehari dan kesokan harinya tidak berpuasa, begitu seterusnya. Keutamaan Puasa Nabi Daud : “Puasa Nabi Daud adalah puasa yang paling disukai oleh Allah SWT(HR. Bukhari dan Muslim).
Sekian tulisan informasi ahli mengenai pengertian puasa sunnah, macam macam puasa sunnah dan dasar hukum puasa sunnah, semoga tulisan informasi ahli mengenai pengertian puasa sunnah, macam macam puasa sunnah dan dasar hukum puasa sunnah dapat bermanfaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Media Pembelajaran Hukum Waris BAB IV

Postingan Populer