RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
MTs :
...............................................
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : IX / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
1. Mempraktekkan tata cara penyembelihan, qurban dan aqiqah
B. Kompetensi Dasar
1.1 Menjelaskan
ketentuan menyembelih binatang
C. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan ketentuan dalam menyembelih
binatang
§
Siswa dapat
menjelaskan hal-hal yang disunatkan dalam menyembelih binatang
D. Materi Pembelajaran
§
Penyembelihan
E. Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama
untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi
tentang penyembelihan, qurban dan aqiqah
§ Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema
yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§
Pameran dan
Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari
pajangan
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan
pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi penyembelihan, qurban
dan aqiqah
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang
tujuan dan manfaat mempelajari seputar penyembelihan, qurban dan aqiqah dan tatacaranya yang
dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
:
§
Siswa
membaca literatur/referensi tentang penyembelihan, qurban dan aqiqah. (fase eksplorasi)
§
Siswa
mengamati demonstrasi guru tentang penyembelihan, qurban
dan aqiqah dan tatacaranya
(fase eksplorasi)
§
Membuat bagan penyembelihan, qurban
dan aqiqah dan
tatacaranya (fase elaborasi)
§
Pameran bagan dan saling
mengomentari (fase elaborasi)
§
Salah seorang siswa mempraktekkan penyembelihan, qurban
dan aqiqah sementara yang lain memperhatikan
dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan (fase elaborasi)
§
Penguatan
tentang pengertian penyembelihan, qurban dan aqiqah (fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§
Tanya jawab
tentang materi penyembelihan, qurban dan aqiqah.
§
Guru memberikan
tugas untuk mencari pengertian penyembelihan, qurban dan aqiqah untuk pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
G. Sumber belajar dan
media pembelajaran
§ Sumber: Al Qur’an
terjemahan dan hadits
§ Buku acuan Paket Fikih Depag
§ Alat: OHP/komputer,LCD, gelas, piring
§
Bahan: LKS, Bahan
Presentasi, binatang kecil (burung dara)
H. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Siswa
dapat menjelaskan ketentuan dalam
menyembelih binatang
§
Siswa dapat
menjelaskan hal-hal yang disunatkan dalam menyembelih binatang
§ Siswa dapat mempraktekkan cara menyem-belih binatang
|
Tes lisan
Tes tulis
Unjuk kerja
|
Uraian
Uraian
|
§ Jelaskan ketentuan dalam
menyembelih binatang!
§ Jelaskan hal-hal yang disunatkan dalam menyembelih binatang!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
..............
, ...............................
Guru Bidang
Studi Fiqih
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
MTs :
...............................................
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : IX / 1
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
1. Mempraktekkan tata cara penyembelihan, qurban dan aqiqah
B.
Kompetensi Dasar
1.2 Menjelaskan ketentuan qurban
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian Qurban dan dalilnya
§ Siswa dapat menjelaskan syarat-syarat binatang yang dapat
dipakai untuk Qurban
§ Siswa dapat menjelaskan hal yang disunatkan dalam qurban
§
Siswa dapat
menjelaskan waktu pelaksanaan qurban
D.
Materi Pembelajaran
§
Qurban
E.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama
untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi
tentang penyembelihan, qurban dan aqiqah
§ Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema
yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§
Pameran dan
Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari
pajangan
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§ Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan
materi penyembelihan, qurban dan aqiqah
Motivasi :
§ Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar penyembelihan, qurban dan aqiqah dan tatacaranya yang dapat diaplikasikan dalam
kehidupan sehari-hari
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
:
§ Siswa membaca literatur/referensi tentang penyembelihan, qurban
dan aqiqah. (fase
eksplorasi)
§ Siswa mengamati demonstrasi guru tentang penyembelihan, qurban dan aqiqah dan tatacaranya (fase eksplorasi)
§ Membuat bagan penyembelihan, qurban dan aqiqah dan tatacaranya (fase elaborasi)
§ Pameran
bagan dan saling mengomentari (fase
elaborasi)
§ Salah
seorang siswa mempraktekkan penyembelihan, qurban dan aqiqah
sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting
dari hasil kegiatan pengamatan (fase
elaborasi)
§ Penguatan tentang pengertian penyembelihan, qurban
dan aqiqah (fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§ Tanya jawab tentang materi penyembelihan, qurban
dan aqiqah.
§ Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian penyembelihan, qurban
dan aqiqah untuk
pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
G.
Sumber belajar dan media pembelajaran
§ Sumber: Al Qur’an
terjemahan dan hadits
§ Buku acuan Paket Fikih Depag
§ Alat: OHP/komputer,LCD,
§
Bahan: LKS, Bahan
Presentasi, binatang qurban (Kambing)
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Siswa
dapat menjelaskan pengertian Qurban dan dalilnya
§
Siswa
dapat menjelaskan syarat-syarat
binatang yang dapat dipakai untuk Qurban
§
Siswa
dapat menjelaskan hal yang disunatkan
dalam qurban
§ Siswa dapat
menjelaskan waktu pelaksanaan qurban
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Uraian
Uraian
|
§ Jelaskan pengertian Qurban dan dalilnya!
§ Jelaskan syarat-syarat binatang yang dapat dipakai
untuk Qurban!
§ Jelaskan hal yang disunatkan dalam qurban!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
..............
, ...............................
Guru Bidang
Studi Fiqih
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
MTs :
...............................................
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : IX / 1
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
1. Mempraktekkan tata cara penyembelihan, qurban dan aqiqah
B.
Kompetensi Dasar
1.3 Menjelaskan ketentuan aqiqah
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian Aqiqah
dan dalilnya
§ Siswa dapat menjelaskan syarat-syarat binatang yang dapat dipakai untuk Aqiqah
§
Siswa dapat menjelaskan hal yang
disunatkan dalam aqiqah
D.
Materi Pembelajaran
§
Aqiqah
E.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama
untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi
tentang penyembelihan, qurban dan aqiqah
§ Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema
yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§
Pameran dan
Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari
pajangan
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan
pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi penyembelihan, qurban
dan aqiqah
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang
tujuan dan manfaat mempelajari seputar penyembelihan, qurban dan aqiqah dan tatacaranya yang
dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
:
§
Siswa
membaca literatur/referensi tentang penyembelihan, qurban dan aqiqah. (fase eksplorasi)
§
Siswa
mengamati demonstrasi guru tentang penyembelihan, qurban
dan aqiqah dan
tatacaranya (fase eksplorasi)
§
Membuat bagan penyembelihan, qurban
dan aqiqah dan
tatacaranya (fase elaborasi)
§
Pameran bagan dan saling mengomentari
(fase elaborasi)
§
Salah seorang siswa mempraktekkan penyembelihan, qurban
dan aqiqah sementara yang lain memperhatikan
dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan (fase elaborasi)
§
Penguatan
tentang pengertian penyembelihan, qurban dan aqiqah (fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§
Tanya jawab
tentang materi penyembelihan, qurban dan aqiqah.
§
Guru memberikan
tugas untuk mencari pengertian penyembelihan, qurban dan aqiqah untuk pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
G.
Sumber belajar dan media pembelajaran
§ Sumber: Al Qur’an
terjemahan dan hadits
§ Buku acuan Paket Fikih Depag
§ Alat: OHP/komputer,LCD,
§
Bahan: LKS, Bahan
Presentasi,
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Siswa dapat menjelaskan
pengertian Aqiqah dan dalilnya
§
Siswa dapat
menjelaskan syarat-syarat binatang yang dapat dipakai untuk Aqiqah
§ Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang disunatkan dalam aqiqah
|
Tes lisan
Tes lisan
Tes tulis
|
Uraian
Uraian
|
§ Jelaskan pengertian Aqiqah dan dalilnya!
§ Jelaskan syarat-syarat binatang yang dapat dipakai
untuk Aqiqah!
§ Jelaskan hal-hal yang
disunatkan dalam aqiqah!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
..............
, ...............................
Guru Bidang
Studi Fiqih
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
MTs :
...............................................
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : IX / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
1. Mempraktekkan tata cara penyembelihan, qurban dan aqiqah
B.
Kompetensi Dasar
1.4 Mempraktek-kan tatacara qurban dan aqiqah
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa menunjukkan contoh qurban
dan aqiqah
§
Siswa dapat
mendemonstrasikan qurban dan aqiqah
D.
Materi Pembelajaran
§
Praktek tentang Qurban dan Aqiqah
E.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama
untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi
tentang penyembelihan, qurban dan aqiqah
§ Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema
yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§
Pameran dan
Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari
pajangan
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan
pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi penyembelihan, qurban
dan aqiqah
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang
tujuan dan manfaat mempelajari seputar penyembelihan, qurban dan aqiqah dan tatacaranya yang
dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
:
§
Siswa
membaca literatur/referensi tentang penyembelihan, qurban dan aqiqah. (fase eksplorasi)
§
Siswa
mengamati demonstrasi guru tentang penyembelihan, qurban
dan aqiqah dan
tatacaranya (fase eksplorasi)
§
Membuat bagan penyembelihan, qurban
dan aqiqah dan
tatacaranya (fase elaborasi)
§
Pameran bagan dan saling
mengomentari (fase elaborasi)
§
Salah seorang siswa mempraktekkan penyembelihan, qurban
dan aqiqah sementara yang lain memperhatikan
dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan (fase elaborasi)
§
Penguatan
tentang pengertian penyembelihan, qurban dan aqiqah (fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§
Tanya jawab
tentang materi penyembelihan, qurban dan aqiqah.
§
Guru memberikan
tugas untuk mencari pengertian penyembelihan, qurban dan aqiqah untuk pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
G.
Sumber belajar dan media pembelajaran
§ Sumber: Al Qur’an
terjemahan dan hadits
§ Buku acuan Paket Fikih Depag
§ Alat: OHP/komputer,LCD,
§
Bahan: LKS, Bahan
Presentasi,
H. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Siswa menunjukkan contoh qurban dan aqiqah
§ Siswa dapat mendemonstrasikan qurban dan aqiqah
|
Tes lisan
Unjuk kerja
|
Uraian
|
§ Sebutkan contoh qurban
dan aqiqah!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
..............
, ...............................
Guru Bidang
Studi Fiqih
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
MTs :
...............................................
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : IX / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
2. Memahami tentang muamalah
B.
Kompetensi Dasar
2.1 Menjelaskan ketentuan jual beli
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan ketentuan dalam jual beli
§
Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang
disunatkan dan wajib dalam cara jual beli
D.
Materi Pembelajaran
§
Tatacara jual
beli
E.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama
untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi
tentang jual beli
§ Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema
yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§
Pameran dan
Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari
pajangan
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan
pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi jual beli
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang
tujuan dan manfaat mempelajari seputar jual beli dan tatacaranya yang dapat
diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
:
§
Siswa
membaca literatur/referensi tentang jual beli. (fase
eksplorasi)
§
Siswa
mengamati demonstrasi guru tentang jual beli dan
tatacaranya (fase eksplorasi)
§
Membuat
bagan jual beli dan tatacaranya (fase elaborasi)
§
Pameran bagan dan saling
mengomentari (fase elaborasi)
§
Salah seorang siswa mempraktekkan jual beli sementara yang lain
memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan
pengamatan (fase elaborasi)
§
Penguatan
tentang pengertian jual beli (fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§
Tanya jawab
tentang materi jual beli.
§
Guru memberikan
tugas untuk mencari pengertian jual beli untuk pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
G.
Sumber belajar dan media pembelajaran
§ Sumber: Al Qur’an
terjemahan dan hadits
§ Buku acuan Paket Fikih Depag
§ Alat: OHP/komputer,LCD
§
Bahan: LKS, Bahan
Presentasi, jual beli
H. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Siswa dapat menjelaskan ketentuan
dalam jual beli
§ Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang disunatkan dan wajib dalam cara jual beli
|
Tes lisan
Unjuk kerja
|
Uraian
Uraian
|
§ Jelaskan ketentuan dalam jual beli!
§ Jelaskan hal-hal yang disunatkan
dan wajib dalam cara jual beli!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
..............
, ...............................
Guru Bidang
Studi Fiqih
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
MTs :
...............................................
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : IX / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
2. Memahami tentang muamalah
B.
Kompetensi Dasar
2.2 Menjelaskan ketentuan qiradh
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian qiradh
§ Siswa dapat menjelaskan syarat-syarat ketentuan qiradh
§
Siswa dapat menjelaskan hal yang
disunatkan dalam ketentuan qiradh
D.
Materi Pembelajaran
§
qiradh
E.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama
untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi
tentang qiradh
§ Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema
yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§
Pameran dan
Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari
pajangan
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan
pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi qiradh
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang
tujuan dan manfaat mempelajari seputar qiradh
dan tatacaranya yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
:
§
Siswa
membaca literatur/referensi tentang qiradh. (fase
eksplorasi)
§
Siswa
mengamati demonstrasi guru tentang qiradh dan tatacaranya (fase eksplorasi)
§
Membuat
bagan jual beli dan tatacaranya (fase elaborasi)
§
Pameran bagan dan saling
mengomentari (fase elaborasi)
§
Salah seorang siswa mempraktekkan qiradh sementara yang lain memperhatikan dan mencatat
mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan (fase elaborasi)
§
Penguatan
tentang pengertian qiradh (fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§
Tanya jawab
tentang materi qiradh.
§
Guru memberikan
tugas untuk mencari pengertian qiradh untuk
pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
G.
Sumber belajar dan media pembelajaran
§ Sumber: Al Qur’an
terjemahan dan hadits
§ Buku acuan Paket Fikih Depag
§ Alat: OHP/komputer,LCD
§
Bahan: LKS, Bahan
Presentasi, jual beli
H. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Siswa dapat menjelaskan pengertian
qiradh
§
Siswa dapat menjelaskan
syarat-syarat ketentuan qiradh
§ Siswa dapat menjelaskan hal yang disunatkan dalam ketentuan qiradh
|
Tes tulis
Unjuk kerja
|
Uraian
Uraian
|
§ Jelaskan pengertian qiradh!
§ Jelaskan syarat-syarat ketentuan qiradh!
§ Sebutkan hal yang disunatkan dalam ketentuan qiradh!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
..............
, ...............................
Guru Bidang
Studi Fiqih
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
MTs :
...............................................
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : IX / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
2. Memahami tentang muamalah
B.
Kompetensi Dasar
2.3 Menjelaskan jenis-jenis riba
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian riba
dan dalilnya
§
Siswa dapat menjelaskan jenis-jenis riba
D.
Materi Pembelajaran
§
jenis-jenis riba
E.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama
untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi
tentang riba
§ Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema
yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§
Pameran dan
Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari
pajangan
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan
pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi riba
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang
tujuan dan manfaat mempelajari seputar riba
yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
:
§
Siswa
membaca literatur/referensi tentang riba. (fase
eksplorasi)
§
Siswa mengamati
demonstrasi guru tentang riba (fase eksplorasi)
§
Membuat
bagan riba (fase elaborasi)
§
Pameran bagan dan saling
mengomentari (fase elaborasi)
§
Penguatan
tentang pengertian riba (fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§
Tanya jawab
tentang materi riba.
§
Guru memberikan
tugas untuk mencari pengertian riba untuk
pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
G.
Sumber belajar dan media pembelajaran
§ Sumber: Al Qur’an
terjemahan dan hadits
§ Buku acuan Paket Fikih Depag
§ Alat: OHP/komputer,LCD
§
Bahan: LKS, Bahan
Presentasi, jual beli
H. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Siswa dapat menjelaskan pengertian
riba dan dalilnya
§ Siswa dapat menjelaskan jenis-jenis riba
|
Tes tulis
Unjuk kerja
|
Uraian
Uraian
|
§ Jelaskan pengertian riba
dan dalilnya!
§ sebutkan jenis-jenis riba!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
..............
, ...............................
Guru Bidang
Studi Fiqih
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
MTs :
...............................................
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : IX / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
2. Memahami tentang muamalah
B.
Kompetensi Dasar
2.4 Mendemonstrasikan ketentuan pelaksanaan jual
beli, qiradh, dan riba
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menunjukkan contoh jual beli, qiradh, dan riba
§ Siswa mendemonstrasikan jual beli, qiradh,
dan riba
D.
Materi Pembelajaran
§
Praktek jual beli, qiradh, dan riba
E.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama
untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi
tentang jual beli, qiradh, dan riba
§ Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema
yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§
Pameran dan
Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari
pajangan
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan
pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi jual
beli, qiradh, dan riba
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang
tujuan dan manfaat mempelajari seputar jual beli, qiradh,
dan riba yang dapat
diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
:
§
Siswa
membaca literatur/referensi tentang jual beli, qiradh,
dan riba. (fase
eksplorasi)
§
Siswa
mengamati demonstrasi guru tentang jual beli, qiradh, dan riba
(fase eksplorasi)
§
Membuat
bagan jual beli, qiradh, dan riba (fase elaborasi)
§
Pameran bagan dan saling
mengomentari (fase elaborasi)
§
Penguatan
tentang pengertian jual beli, qiradh, dan riba (fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§
Tanya jawab
tentang materi jual beli, qiradh, dan riba.
§
Guru memberikan
tugas untuk mencari pengertian jual beli, qiradh, dan riba untuk
pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
G.
Sumber belajar dan media pembelajaran
§ Sumber: Al Qur’an
terjemahan dan hadits
§ Buku acuan Paket Fikih Depag
§ Alat: OHP/komputer,LCD
§
Bahan: LKS, Bahan
Presentasi, jual beli
H. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Siswa dapat menunjukkan contoh
jual beli, qiradh, dan riba
§ Siswa mendemonstrasikan jual beli, qiradh,
dan riba
|
Unjuk kerja
|
Uraian
|
§ sebutkan contoh jual beli, qiradh,
dan riba!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
..............
, ...............................
Guru Bidang
Studi Fiqih
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P
P )
MTs :
...............................................
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : IX / 2
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
3. Memahami muamalah di luar jual beli
B.
Kompetensi Dasar
3.1 Menjelaskan ketentuan pinjam meminjam
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan ketentuan dalam pinjam meminjam
§
Siswa dapat
menjelaskan hal-hal yang disunatkan dan
wajib dalam cara pinjam meminjam
D.
Materi Pembelajaran
§
Pinjam meminjam
E.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama
untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi
tentang pinjam meminjam
§ Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema
yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§
Pameran dan
Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari
pajangan
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan
pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi pinjam meminjam
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang
tujuan dan manfaat mempelajari seputar pinjam meminjam dan tatacaranya yang
dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
:
§
Siswa membaca
literatur/referensi tentang pinjam meminjam.
(fase eksplorasi)
§
Siswa
mengamati demonstrasi guru tentang
pinjam meminjam dan tatacaranya (fase eksplorasi)
§
Membuat
bagian pinjam meminjam dan tatacaranya (fase elaborasi)
§
Pameran bagian dan saling mengomentari
(fase elaborasi)
§
Salah seorang siswa mempraktekkan
pinjam meminjam sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat
pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan (fase elaborasi)
§
Penguatan
tentang pengertian pinjam meminjam (fase
konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§
Tanya jawab
tentang materi pinjam meminjam.
§
Guru memberikan
tugas untuk mencari pengertian pinjam meminjam untuk pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
G.
Sumber belajar dan media pembelajaran
§ Sumber: Al Qur’an
terjemahan dan hadits
§ Buku acuan Paket Fikih Depag
§ Alat: OHP/komputer,LCD.
§
Bahan: LKS, Bahan
Presentasi
H. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Siswa dapat
menjelaskan ketentuan dalam pinjam meminjam
§ Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang disunatkan dan
wajib dalam cara pinjam meminjam
|
Tes lisan
Unjuk kerja
|
Uraian
Uraian
|
§ Jelaskan ketentuan dalam
pinjam meminjam!
§ sebutkan hal-hal yang disunatkan dan wajib dalam cara
pinjam meminjam!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
..............
, ...............................
Guru Bidang
Studi Fiqih
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
MTs :
...............................................
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : IX / 2
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
3. Memahami muamalah di luar jual beli
B.
Kompetensi Dasar
3.2 Menjelaskan ketentuan utang
piutang, gadai dan borg
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan ketentuan dalam pinjam meminjam
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian utang piutang, gadai dan borg
§
Siswa dapat
menjelaskan dasar hukum utang piutang,
gadai dan borg
D.
Materi Pembelajaran
§
Utang piutang, gadai dan borg
E.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama
untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi
tentang utang piutang, gadai dan borg
§ Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema
yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§
Pameran dan
Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari
pajangan
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan
pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi utang piutang, gadai dan borg
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang
tujuan dan manfaat mempelajari seputar utang piutang, gadai dan borg dan tatacaranya yang dapat
diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
:
§
Siswa
membaca literatur/referensi tentang utang piutang, gadai dan borg. (fase
eksplorasi)
§
Siswa mengamati
demonstrasi guru tentang utang piutang, gadai dan borg dan
tatacaranya (fase eksplorasi)
§
Membuat bagan utang piutang, gadai dan borg dan
tatacaranya (fase elaborasi)
§
Pameran bagan dan saling
mengomentari (fase elaborasi)
§
Salah seorang siswa mempraktekkan utang piutang, gadai dan borg
sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting
dari hasil kegiatan pengamatan (fase
elaborasi)
§
Penguatan
tentang pengertian utang piutang, gadai dan borg (fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§
Tanya jawab
tentang materi utang piutang, gadai dan borg.
§
Guru memberikan
tugas untuk mencari pengertian utang
piutang, gadai dan borg untuk pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
G.
Sumber belajar dan media pembelajaran
§ Sumber: Al Qur’an
terjemahan dan hadits
§ Buku acuan Paket Fikih Depag
§ Alat: OHP/komputer,LCD.
§
Bahan: LKS, Bahan
Presentasi
H. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Siswa dapat
menjelaskan ketentuan dalam pinjam meminjam
§
Siswa dapat
menjelaskan pengertian utang piutang,
gadai dan borg
§ Siswa dapat menjelaskan dasar hukum utang piutang, gadai dan borg
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes lisan
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
§ Jelaskan ketentuan dalam
pinjam meminjam!
§ Jelaskan pengertian utang
piutang, gadai dan borg!
§ Jelaskan dasar hukum utang piutang, gadai
dan borg!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
..............
, ...............................
Guru Bidang
Studi Fiqih
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
MTs :
...............................................
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : IX / 2
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
3. Memahami muamalah di luar jual beli
B. Kompetensi Dasar
3.3 Menjelaskan ketentuan upah
C. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan ketentuan upah
§
Siswa dapat
menjelaskan hal-hal yang disunatkan dan wajib dalam cara ketentuan upah
D. Materi Pembelajaran
§
Ketentuan upah
E. Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama
untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi
tentang upah
§ Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema
yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§
Pameran dan
Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari
pajangan
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan
pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi upah
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang
tujuan dan manfaat mempelajari seputar upah dan tatacaranya yang dapat
diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
:
§
Siswa
membaca literatur/referensi tentang upah.
(fase eksplorasi)
§
Siswa
mengamati demonstrasi guru tentang upah dan
tatacaranya (fase eksplorasi)
§
Membuat
bagan upah dan tatacaranya (fase
elaborasi)
§
Pameran bagan dan saling
mengomentari (fase elaborasi)
§
Salah seorang siswa mempraktekkan
upah sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok
penting dari hasil kegiatan pengamatan (fase
elaborasi)
§
Penguatan
tentang pengertian upah (fase
konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§
Tanya jawab
tentang materi upah.
§
Guru memberikan
tugas untuk mencari pengertian upah untuk pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
G. Sumber belajar dan
media pembelajaran
§ Sumber: Al Qur’an
terjemahan dan hadits
§ Buku acuan Paket Fikih Depag
§ Alat: OHP/komputer,LCD.
§
Bahan: LKS, Bahan
Presentasi
H. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Siswa dapat
menjelaskan ketentuan upah
§ Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang disunatkan dan wajib dalam cara ketentuan upah
|
Tes lisan
Unjuk kerja
|
Uraian
Uraian
|
§ Jelaskan ketentuan upah!
§ Sebutkan hal-hal yang disunatkan dan wajib dalam cara ketentuan upah!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
..............
, ...............................
Guru Bidang
Studi Fiqih
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
MTs :
...............................................
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : IX / 2
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
3. Memahami
muamalah di luar jual beli
B. Kompetensi Dasar
3.4 Mendemonstrasikan ketentuan tata cara
pelaksanaan pinjam meminjam, utang
piutang, gadai dan borg serta pemberian upah
C. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan pelaksanaan pinjam meminjam, utang piutang, gadai dan borg serta
pemberian upah
§ Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang disunatkan dan wajib
dalam pelaksanaan pinjam meminjam, utang
piutang, gadai dan borg serta pemberian upah
D. Materi Pembelajaran
§ Tata cara pelaksanaan pinjam meminjam, utang piutang, gadai dan borg serta
pemberian upah
E. Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama
untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi
tentang pinjam meminjam, utang piutang,
gadai, borg dan pemberian upah
§ Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema
yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§ Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja
kelompok dan saling mengomentari pajangan
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan pertanyaan
seputar pelajaran yang lalu dan materi pinjam meminjam, utang
piutang, gadai, borg dan pemberian upah
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang
tujuan dan manfaat mempelajari seputar pinjam meminjam, utang piutang, gadai, borg dan pemberian upah dan
tatacaranya yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
:
§
Siswa membaca literatur/referensi
tentang pinjam meminjam, utang piutang,
gadai, borg dan pemberian upah. (fase eksplorasi)
§
Siswa mengamati demonstrasi guru tentang pinjam meminjam, utang piutang, gadai, borg dan pemberian upah dan
tatacaranya (fase eksplorasi)
§
Membuat bagan pinjam meminjam, utang piutang, gadai, borg dan
pemberian upah dan tatacaranya (fase
elaborasi)
§
Pameran bagan dan saling
mengomentari (fase elaborasi)
§
Salah seorang siswa mempraktekkan pinjam
meminjam, utang piutang, gadai, borg dan pemberian upah sementara yang lain memperhatikan dan mencatat
mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan (fase elaborasi)
§
Penguatan
tentang pengertian pinjam meminjam, utang
piutang, gadai, borg dan pemberian upah (fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§
Tanya jawab
tentang materi pinjam meminjam, utang
piutang, gadai, borg dan pemberian upah.
§
Guru memberikan
tugas untuk mencari pengertian pinjam meminjam, utang
piutang, gadai, borg dan pemberian upah untuk
pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
G. Sumber belajar dan
media pembelajaran
§ Sumber: Al Qur’an
terjemahan dan hadits
§ Buku acuan Paket Fikih Depag
§ Alat: OHP/komputer,LCD.
§
Bahan: LKS, Bahan
Presentasi
H. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Siswa dapat
menjelaskan pelaksanaan pinjam meminjam, utang
piutang, gadai dan borg serta pemberian upah
§ Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang disunatkan dan
wajib dalam pelaksanaan pinjam meminjam, utang
piutang, gadai dan borg serta pemberian upah
|
Unjuk kerja
Performan
|
Uraian
Uraian
|
§ Jelaskan pelaksanaan
pinjam meminjam, utang piutang, gadai dan borg serta pemberian upah!
§ Jelaskan hal-hal yang disunatkan dan wajib dalam
pelaksanaan pinjam meminjam, utang
piutang, gadai dan borg serta pemberian upah!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
..............
, ...............................
Guru Bidang
Studi Fiqih
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
MTs :
...............................................
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : IX / 2
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
4. Melaksanakan tatacara perawatan jenazah dan
ziarah kubur
B. Kompetensi Dasar
4.1 Menjelaskan ketentuan
tentang pengurusan jenazah, ta’ziyah
dan ziarah kubur
C. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan tata cara memandikan janazah
§ Siswa dapat menjelaskan tatacara mengkafani janazah
§ Siswa dapat tatacara menjelaskan menyalatkan janazah
§
Siswa dapat
tatacara menjelaskan menguburkan janazah
D. Materi Pembelajaran
§
Perawatan jenazah
E. Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama
untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi
tentang perawatan jenazah dan ziarah kubur
§ Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema
yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§
Pameran dan
Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari
pajangan
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan
pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi perawatan jenazah dan
ziarah kubur
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang
tujuan dan manfaat mempelajari seputar perawatan
jenazah dan ziarah kubur dan tatacaranya.
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
:
§
Siswa membaca literatur/referensi
tentang perawatan jenazah dan ziarah kubur.
(fase eksplorasi)
§
Siswa mengamati demonstrasi guru
tentang perawatan jenazah dan ziarah kubur dan tatacaranya (fase eksplorasi)
§
Membuat bagan perawatan jenazah dan ziarah kubur dan
tatacaranya (fase elaborasi)
§
Pameran bagan dan saling
mengomentari (fase elaborasi)
§
Salah seorang siswa mempraktekkan perawatan jenazah dan ziarah kubur sementara yang lain memperhatikan
dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan (fase elaborasi)
§
Penguatan
tentang pengertian perawatan jenazah dan ziarah kubur (fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§
Tanya jawab
tentang materi perawatan jenazah dan ziarah kubur.
§
Guru memberikan
tugas untuk mencari pengertian perawatan jenazah dan ziarah kubur untuk
pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
G. Sumber belajar dan
media pembelajaran
§ Sumber: Al Qur’an
terjemahan dan hadits
§ Buku acuan Paket Fikih Depag
§ Alat: OHP/komputer,LCD, Boneka , gunting
§
Bahan: LKS, Bahan
Presentasi, Kain kafan
H. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Siswa dapat
menjelaskan tata cara memandikan janazah
§
Siswa dapat
menjelaskan tatacara mengkafani janazah
§
Siswa dapat
menjelaskan tatacara menyalatkan janazah
§ Siswa dapat menjelaskan tatacara menguburkan janazah
|
Tes tulis
Tes lisan
Tes unjuk k erja
Performan
|
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
|
§ Jelaskan tata cara
memandikan janazah!
§ Jelaskan tatacara mengkafani janazah!
§ Jelaskan tatacara menyalatkan janazah!
§ Jelaskan tatacara menguburkan janazah!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
..............
, ...............................
Guru Bidang
Studi Fiqih
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
MTs :
...............................................
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : IX / 2
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
4. Melaksanakan tatacara perawatan jenazah dan
ziarah kubur
B.
Kompetensi Dasar
4.2 Menjelaskan ketentuan-ketentuan harta si
mayat (waris)
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian dan hukum waris
§ Siswa dapat menjelaskan dasar hukum waris
§ Siswa dapat menjelaskan macam-macam hak yang harus
dikeluarkan sebelum pembagian harta waris
§ Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan
kewajiban janazah yang belum terselesaikan
§
Siswa dapat
menjelaskan kewajiban anak (ahli waris)
terhadap orang tuia setelah meningal dunia
D.
Materi Pembelajaran
§
Ketentuan harta
si mayat
E.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama
untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi
tentang perawatan jenazah dan ziarah kubur
§ Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema
yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§
Pameran dan
Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari
pajangan
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan
pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi perawatan jenazah dan
ziarah kubur
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang
tujuan dan manfaat mempelajari seputar perawatan
jenazah dan ziarah kubur dan tatacaranya.
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
:
§
Siswa membaca literatur/referensi
tentang perawatan jenazah dan ziarah kubur.
(fase eksplorasi)
§
Siswa mengamati demonstrasi guru
tentang perawatan jenazah dan ziarah kubur dan tatacaranya (fase eksplorasi)
§
Membuat bagan perawatan jenazah dan ziarah kubur dan
tatacaranya (fase elaborasi)
§
Pameran bagan dan saling
mengomentari (fase elaborasi)
§
Salah seorang siswa mempraktekkan perawatan jenazah dan ziarah kubur sementara yang lain memperhatikan
dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan (fase elaborasi)
§
Penguatan
tentang pengertian perawatan jenazah dan ziarah kubur (fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§
Tanya jawab
tentang materi perawatan jenazah dan ziarah kubur.
§
Guru memberikan
tugas untuk mencari pengertian perawatan jenazah dan ziarah kubur untuk
pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
G.
Sumber belajar dan media pembelajaran
§ Sumber: Al Qur’an
terjemahan dan hadits
§ Buku acuan Paket Fikih Depag
§ Alat: OHP/komputer,LCD, Boneka , gunting
§
Bahan: LKS, Bahan
Presentasi, Kain kafan
H. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Siswa dapat
menjelaskan pengertian dan hukum waris
§
Siswa dapat
menjelaskan dasar hukum waris
§
Siswa dapat
menjelaskan macam-macam hak yang harus dikeluarkan sebelum pembagian harta waris
§
Siswa dapat menjelaskan
hal-hal yang berkaitan dengan kewajiban janazah yang belum terselesaikan
§ Siswa dapat menjelaskan kewajiban anak (ahli waris) terhadap orang tuia setelah
meningal dunia
|
Tes tulis
Tes lisan
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
§ Jelaskan pengertian dan
hukum waris!
§ Sebutkan macam-macam hak yang harus dikeluarkan sebelum
pembagian harta waris!
§ Jelaskan kewajiban anak (ahli waris) terhadap orang tuia setelah
meningal dunia!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
..............
, ...............................
Guru Bidang
Studi Fiqih
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
MTs :
...............................................
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : IX / 2
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
4. Melaksanakan tatacara perawatan jenazah dan
ziarah kubur
B. Kompetensi Dasar
4.3 Mempraktekkan tatacara pengurusan jenazah
C. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menunjukkan contoh perawatan jenazah.
§
Siswa dapat mendemonstrasikan
perawatan jenazah
D. Materi Pembelajaran
§
Tatacara pengurusan jenazah
E. Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama
untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi
tentang perawatan jenazah dan ziarah kubur
§ Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema
yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§
Pameran dan
Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari
pajangan
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§ Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan
materi perawatan jenazah dan ziarah kubur
Motivasi :
§ Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar perawatan jenazah dan ziarah kubur dan
tatacaranya.
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
:
§ Siswa membaca literatur/referensi tentang perawatan
jenazah dan ziarah kubur. (fase
eksplorasi)
§ Siswa mengamati demonstrasi guru tentang
perawatan jenazah dan ziarah kubur
dan tatacaranya (fase eksplorasi)
§ Membuat bagan perawatan jenazah dan ziarah
kubur dan tatacaranya (fase elaborasi)
§ Pameran
bagan dan saling mengomentari (fase
elaborasi)
§ Salah
seorang siswa mempraktekkan perawatan jenazah dan ziarah kubur sementara yang lain
memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan
pengamatan (fase elaborasi)
§ Penguatan tentang pengertian perawatan jenazah dan ziarah kubur (fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§ Tanya jawab tentang materi perawatan jenazah dan ziarah kubur.
§ Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian perawatan jenazah dan ziarah kubur untuk pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
G. Sumber belajar dan
media pembelajaran
§ Sumber: Al Qur’an
terjemahan dan hadits
§ Buku acuan Paket Fikih Depag
§ Alat: OHP/komputer,LCD, Boneka, gunting
§
Bahan: LKS, Bahan
Presentasi, Kain kafan
H. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Siswa dapat menunjukkan contoh
perawatan jenazah.
§ Siswa dapat mendemonstrasikan perawatan jenazah
|
Unjuk Kerja
|
Uraian
|
§ Sebutkan contoh perawatan jenazah!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
..............
, ...............................
Guru Bidang
Studi Fiqih
..........................................
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar